29 Oktober 2008

Apakah itu Cinta

Cinta adalah sebuah perasaan yang Allah SWT memberikan kepada setiap makhluk yang hidup di dunia ini, entah itu tumbuhan, hewan dan apalagi manusia. Cinta memberikan insting hidup yang begitu besar, motivasi yang sangat tinggi dan semangat yang berkobar dalam meraih sesuatu. Hidup tanpa cinta adalah suatu kemustahilan, karena sejak kita lahir kita sudah dikelilingi dengan cinta-cinta dari berbagai sumber baik itu manusia, maupun makhluk lainnya. Banyak yang salah menafsirkan tentang cinta dengan menafsirkannya hanya sebatas perasaan kepada lawan jenis semata tanpa mengindahkan arti cinta secara global. Padahal bukankah cinta itu adalah bahasa global yang diterima diseluruh dunia, dan tidak didominasi oleh sekedar hasrat duniawi semata. Bermacam-macam cinta berdapat dibedakan diantaranya :

1. Cinta Allah

Cinta dari Allah adalah cinta yang paling besar dan paling utama dalam jagad raya ini. Cintanya memberikan kehidupan bagi makhluk-makhluknya, memberikan nikmatnya kepada para hambanya dan membuat alam serta jagad raya ini tetap lestari hingga kini walau akhirnya rusak nanti. Karena cinta Allah-lah kita lahir dan dapat hidup hingga sekarang, masih bernafas dan tetap dalam keadaan sehat walau ada saudara kita atau bahkan kita yang sakit tapi sakit itupun pada hakekatnya adalah bentuk cinta dari Allah. Sungguh sangat besar rasa cintanya kepada para hambanya yang ada dibumi ini, Ia (Allah) tidak membedakan atas apa yang ia berikan baik kepada si kafir maupun kepada si alim, keduanya sama-sama diberikan haknya atas cinta Allah.

2. Cinta orang tua

Cinta orang tua adalah cinta terbesar kedua setelah cinta Allah kepada kita. Kedua orang tua kita memberikan yang mereka punya untuk kita tanpa mengharapkan suatu apapun dari kita. Kasih mereka sepanjang jalan yang tiada putusnya, Cinta mereka tulus dan murni melebihi kemurnian susu yang segar. Do'a mereka adalah restu Allah, sehingga mereka itu disejajarkan namanya dengan Allah, yang sering kita ucapkan "Ridho Orang tua adalah Ridho Allah, Murka Orang tua adalah Murka Allah" sungguh dahsyat do'anya, mujarab omongannya dan keramat kata-katanya maka berhati-hatilah duhai orang tua jangan sampai kata-kata emosimu membuatmu dan anakmu menyesal.

3. Cinta kepada lawan jenis

Cinta ini adalah kodrati yang dimiliki oleh setiap insan, yang biasanya muncul seiring kebutuhannya akan orang lain meningkat, rasa ingin diperhatikannya mulai naik dan perasaan ingin dicintainya mulai tumbuh. Berbeda-beda setiap orang dalam menyikapi perasaan ini, dan kadang lebih kearah yang negatif sehingga harus diluruskan pehaman tentang cinta ini lebih dalam. Cinta ini biasanya muncul seiring dengan pertumbuhan diri dan karakter yang mulai terlihat sejak usianya mencapai masa puber dan semakin tumbuh dan terus tumbuh hingga akhirnya ia mati bersama jasad orang tersebut.

4. Cinta Benda atau makhluk lain

Cinta benda atau makhluk lain juga biasa disebut hobi atau kegemaran. ini lebih memberikan kesan kepuasan, rasa damai, nyaman dan nikmat yang tidak kalah pentingnya dengan cinta-cinta yang lain. Bahkan terkadang rasa cinta kepada benda atau makhluk yang lain ini bisa mengalahkan cinta kepada lawan jenis atau pasangan hidup dan terkadang memberikan perasaan cemburu bagi pasangannya sadar ataupun tidak.

mungkin cukup ini muqodimah dari saya, sang Konsultan Cinta Online semoga mendapat sambutan baik dari anda sekalian

3 komentar:

Anonim mengatakan...

nice post bro...
keep posting
happy blogging
salam blogger!

Kaka mengatakan...

hidup tanpa cinta bagaikan malam tanpa bintang..
http://www.asephd.co.cc

gajahpesing mengatakan...

gak paham dengan cinta...tapi tulisannya keren banget oi... salam kenal ya..